Opini Detail

Catatan Refleksi Akhir Tahun: Semesta Restorasi

Catatan Refleksi Akhir Tahun: Semesta Restorasi

  • 31 Desember 2017
  • 204

Ahmad M Ali

Pembaca yang budiman, tinggal beberapa jam lagi, kita akan memasuki tahun 2018 dan meninggalkan 2017. Tahun ini tentu berbeda banyak dari situasi tahun sebelumnya demikian pula tantangan-tantangan yang akan kita hadapi.

Tentu saja, sebagai wakil rakyat yang diberi amanah duduk di DPR RI dapil Sulawesi Tengah, rasanya patutlah saya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut sebagai bahan refleksi:

Pertama, kerja aspirasi tahun 2017, telah memperlihatkan akselerasi yang positif antara kebutuhan daerah dan perjuangan aspirasi di tingkat pusat. Dari segi infrastruktur, karitatif, bea siswa PIP bagi anak-anak kita yang kurang mampu, dan penguatan pengawasan legislasi juga menunjukan trand yang menggembirakan.

Kedua, Tahun 2018, kita akan menghadapi Pemilihan kepala daerah di tiga Kabupaten yakni, Parigi Moutong, Donggala dan Kabupaten Morowali. Kita berharap bahwa tujuan tertinggi pelaksanaan demokrasi tersebut hendaknya dijadikan sebagai jalan untuk meningkatkan kualitas demokrasi. Partai NasDem dengan konsisten memulai hal itu lewat kebijakan tanpa mahar. Kita berharap hal ini ke depan dapat terus menggerakkan esensi proses demokrasi kita pada kualitasnya.

Ketiga, Kerja membangun bangsa lewat politik gagasan terus akan kita upayakan sebagai pra syarat terbangunnya 'peradaban politik' yang dapat mewujudkan cita-cita keadilan sosial bagi rakyat Indonesia. Yang termanifestasikan melalui peran aktif fraksi NasDem dalam perjuangan aspirasi, regulasi daerah tata kelola SDA, sebagaimana Perda Inisiatif Partisipating Interest (PI) 10 Persen dalam kegiatan hulu migas.

Demikian beberapa catatan penting akhir tahun yang dapat kita rujuk sebagai awal menyusun langkah dan kerja Politik gagasan 2018, sebagai tahun politik. Kita semua tentu berharap kehidupan yang lebih baik, demokrasi yang berkualitas, dan pengabdian terhadap rakyat pada akhirnya akan mengantarkan kita pada arus besar gerakan perubahan

 'Semesta Restorasi lewat Semboyan' 'NasDem Partaiku Jokowi Presidenku'.

Terima kasih banyak pada semua pihak yang telah memberikan inspirasi, kerjasama, dan komitmen untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Mewakili fungsionaris Partai NasDem saya menyampaikan Selamat Tahun Baru 2018, Jayalah negeriku, bahagialah rakyat Indonesia.

Palu, 31 Desember 2017.

Ahmad M Ali

(Anggota Komisi VII DPR RI/ Bendahara Umum DPP Partai NasDem)

,