News Detail

Politik Tanpa Mahar Bentuk Komitmen NasDem Perbaiki Citra Parpol

Politik Tanpa Mahar Bentuk Komitmen NasDem Perbaiki Citra Parpol

  • 14 November 2017
  • 499
  • DPP NasDem


JAKARTA, (14 November):  Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ingin mengubah paradigma masyarakat tentang citra buruk partai politik. Salah satu caranya ialah dengan menghilangkan politik balas budi dari proses pencalonan kepala daerah.

"Gerakan perubahan kita diimplementasikan tahap demi tahap. Dari politik tanpa mahar, sampai dukungan tanpa syarat," kata Surya dalam Apel Siaga Nasional Gerakan Pemuda NasDem di JIExpoEXPO, Jakarta Utara, Selasa, (14/11).

Kendati demikian, Surya menyadari bahwa saat ini masyarakat belum sepenuhnya percaya kepada partai politik. Menurutnya hal tersebut disebabkan oleh Parpol yang kerap melakukan politik mahar dalam merekrut calon kepala daerah.

Padahal, sebagai negara penganut demokrasi, partai mengemban peran sentral membangun bangsa. Hal inilah yang ingin diperbaiki oleh NasDem dengan menunjukkan bahwa partai seharusnya punya komitmen. Terutama, dalam mendukung pemerintahan tanpa mengedepankan kepentingan kelompok.

"(Kita) sungguh-sungguh, artinya harus ada konsistensi antara ucapan dan perbuatan," kata Surya.

Prinsipnya, dalam pencalonan kepala daerah, NasDem tak ingin ada harga atau hutang yang dibayar kepala daerah terpilih. Jika sudah dipercaya rakyat, maka mereka harus fokus bekerja mengemban amanat daerah, mendukung pemerintah pusat.

Dengan demikian diharapkan ke depan tak ada lagi kepala daerah yang terjaring praktik korupsi. Pun demikian, Surya tak bisa memastikan bahwa niat baik partainya diteruskan oleh kepala daerah terpilih.

"Kalau itu sudah kita lakukan (tapi) enggak berbuah baik, itu masalah nasib saja," pungkas dia. (Uta)