News Detail

NasDem Pasuruan Inisiasi Kapitalisasi Potensi Agrowisata Nongkojajar

NasDem Pasuruan Inisiasi Kapitalisasi Potensi Agrowisata Nongkojajar

  • 12 Februari 2018
  • 127
  • NasDem Jatim

PASURUAN, (12 Februari): Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  NasDem Kabupaten Pasuruan, Joko Cahyono, menginisiasi untuk mengkapitalisasi potensi yang ada di wilayah Pasuruan dan sekitarnya dengan mempertemukan petani dengan pengurus NasDem Pasuruan, Minggu (11/2).

Seperti diketahui, Kawasan Agrowisata Nongkojajar atau Tutur di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) menyimpan banyak potensi wisata alam yang eksotik. Bukan hanya apel atau starwberry, ada potensi yang cukup bagus dan bisa terkelola dengan baik, salah satunya Bunga Krisan, Paprika di Desa Tutur, Pedukuan, Kadipaten. Tanaman Paprika tumbuh dan berkembang sangat sempurna dengan warna mencolok hijau, kuning dan merah menyala.

“Bunga Krisan dan Paprika yang menjadi komoditas di Desa Tutur, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan akan terus dikembangkan dengan berbagai inovasi. Sebab itu Ketua DPC Partai NasDem Tutur, Hj. Sulistiyo Wahyuni menjembantani Para Kelompok Tani (Gapoktan) Kecamatan Tutur dalam mengembangkan lebih luas lagi,“ ungkap Joko Cahyono kepada para petani.

Lebih jauh Joko Cahyono atau yang akrab disapa Kaji Joko ini menuturkan, potensi yang dimiliki Nongkojajar bisa dijadikan desa wisata dan bisa menjadi desa binaan kampung bunga di kawasan timur.

Sebagai Pimpinan DPRD Kabupaten Pasuruan, Kaji Joko berkeyakinan Pasuruan bukan hanya bisa menasional, tetapi go inernational.

"Nongkojajar dan sekitarnya itu bukan hanya menjadi daya tarik Indonesia, tetapi juga dunia Internasional karena potensinya yang sangat luar biasa. Hanya saja memang membutuhkan penanganan yang serius dan management yang baik.  Sekarang jaman internet kok, buat website, lalu dipublish potensinya, sudah bisa go international," ujar Kaji Joko.

Sebagai Ketua DPD Partai NasDem Pasuruan, Kaji Joko berharap kader NasDem bisa melihat peluang ini.  Di kediamannya itu, dia banyak memberikan arahan dan inovasi dalam kerangka usulan sebagai desa wisata atau kampung binaan bunga di kawasan Tutur.

"Aspirasi atau usulan dalam rangka pengembangan desa wisata kampung bunga, ini menjadi tindak lanjut dari program serta pembinaan yang pernah saya lakukan semasa menjadi ketua komisi B yang membidangi masalah petani di DPRD Pasuruan," ungkap Joko.

Ditambahkan Joko, hal tersebut didasari atas eksistensi masyarakat petani di Kecamatan Tutur sangat luar biasa, ia memanfaatkan kondisi alamnya dengan varietas tanamannya yang tidak dimiliki oleh daerah lain.  Sebagai bentuk kearifan lokalnya ia mampu kelola dengan baik.

"Spirit dan kesadaran masyarakat yang tinggi ini kadang terabaikan.  Sebagai Pimpinan Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan dan sekaligus Ketua DPD Partai NasDem Pasuruan sangat berterima kasih kepada Ketua DPC Partai NasDem Tutur Kak Yuni, ia mampu menjembatani kelompok tani dengan berdialog secara langsung mencari solusi dan informasi seputar pengembangannya di sana,“ tandasnya. (NasDem Pasuruan/Fauzie/*)