News Detail

Jokowi Ungguli Semua Kandidat Capres

Jokowi Ungguli Semua Kandidat Capres

  • 14 April 2018
  • 0
  • DPP NasDem

JAKARTA, (15 April): Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) merilis hasil survei elektabilitas sejumlah nama calon presiden dan wakil presiden. Hasil survei KedaiKOPI menempatkan elektabilitas Joko Widodo di posisi teratas dibandingkan semua kandidat calon presiden (capres) lainnya.

Founder Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio membeberkan, elektabilitas Jokowi ada di angka 48,3%. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ada di posisi kedua dengan 21,5%. Setelah itu, ada nama Gatot Nurmantyo (2,1%), disusul Zainul Madji, Anies Baswedan, dan Agus Harimurti Yudhoyono yang sama-sama mendapatkan 1,1% suara.

“Jadi jika Jokowi, rematch hari ini menghadapi Prabowo, maka ia tetap lebih unggul,” kata Hendri dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, (14/4).

Lebih jauh Hendri membeberkan, Jokowi memimpin dalam posisi teratas top of mind responden sebagai calon presiden dengan angka 35,1%. Sedangkan, Prabowo berada posisi kedua dengan 12,0%.

Urutan berikutnya diisi Gatot Nurmantyo (1,1%), Agus Harimurti Yudhoyono (0,7%), TGB Zainul Madji (0,5%) dan Susilo Bambang Yudhoyono(0,5%). “Nama-nama lainnya tak sampai 0,5% ada Hari Tanoe (Ketua Umum Perindo), Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta) dan Edy Rahmayadi (mantan Pangkostrad), dan lain-lain,” ujar Hendri.

Hasil survei KedaiKOPI juga menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo masih tinggi. Ada 66,5% responden mengaku puas pada pemerintahan Jokowi, terutama pada bidang kesehatan, infrastruktur, pendidikan dan hubungan luar negeri. Ada 33,5% responden yang menyatakan tidak puas.

KedaiKopi juga melakukan survei elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2019. Hasilnya, PDI Perjuangan teratas dengan memperoleh 20,1%. Urutan berikutnya diisi Gerindra (9,5%), Partai Golkar (6,9%), Demokrat (4,6%), PKB (4,6%), PKS (3,9%), PPP (3,6%), Partai NasDem (3,5%), PAN (3,4%), Partai Perindo (3,3%), Partai Hanura (2,3%), dan PBB (0,2%).

Tiga partai baru berada urutan terbawah. Partai Garuda mendapat 0,2% suara responden, sedangkan PSI dan Partai Berkarya 0%. Alasan responden memilih partai-partai ini antara lain berdasarkan program partai, tokoh atau kader yang disukai, serta ideologi atau latar belakang partai.

Survei ini dilakukan terhadap 1135 responden di 34 provinsi pada 19-27 Maret 2018. Survei ini memiliki Margin of Error (MoE) sekitar 2,97% pada interval kepercayaan 95,0%. Responden adalah masyarakat Umum yang merupakan calon pemilih berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah. Responden dipilih dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling dan diwawancarai dengan tatap muka.(MTV/*)