News Detail

'Kapsul Waktu' NasDem Bali Resmi Diluncurkan

'Kapsul Waktu' NasDem Bali Resmi Diluncurkan

  • 17 April 2018
  • 281
  • NasDem Bali

DENPASAR, (17 April): Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Bali menggelar acara hitung mundur (countdown) menuju Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden (Pileg-Pilpres) 2019 di Sekretariat DPW NasDem Bali, Jalan Tukad Batanghari, Denpasar,  Selasa (17/4). Hitung mundur ditandai dengan meluncurkan kapsul waktu. yang berisi harapan kader NasDem khususnya bakal Caleg yang akan bertarung di Pileg 2019.

"Tepat 17 April 2019 tahun depan Pileg Pilpres akan digelar, mulai hari ini NasDem Bali akan mulai menghitung mundur," ujar Ketua DPW NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa.

Lebih jauh Bagus Oka menjelaskan, NasDem Bali menyiapkan satu sistem informasi khusus untuk mengingatkan kader tiap hari sampai hari pemilihan. Masing-masing kader menulis harapan menggunakan huruf sambung pada selembar kertas lalu dimasukan ke dalam kapsul harapan.

"Tiap hari kader akan menerima pesan pileg pilpres tinggal berapa hari lagi, ini untuk mengingatkan kader agar memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Dengan menulis harapan akan mempengaruhi alam bawah sadar untuk berjuang secara serius dan sungguh-sungguh," jelas Gunastawa.

Peluncuran yang dihadiri ratusan kader Partai NasDem Bali ini, bertepatan dengan hari ulang tahun ke-47 Gunastawa, yang juga Komando Pemenangan Wilayah (KOMPEMWIL) NasDem Bali.

Gunastawa juga menjelaskan, kegiatan ini mungkin terlihat sederhana dan menjadi sesuatu yang banyak tidak disadari oleh partai politik. Namun bagi Partai NasDem, kegiatan ini sangat penting artinya dalam menyongsong Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

"17 April 2018, persis 365 hari atau satu tahun jelang pencoblosan Pileg 2019. Kami tetapkan hari ini, mulai menghitung mundur sampai hari H pencoblosan tanggal 17 April 2019, dengan meluncurkan Kapsul Waktu," jelasnya.

Gunastawa berargumen, 'Kapsul Waktu' ini sangat penting untuk 'mengintimidasi' kader dalam bekerja memenangkan Partai NasDem pada Pemilu 2019. Dengan 'Kapsul Waktu', tiap hadir kader diingatkan sisa waktu menuju hari H pencoblosan.

"Tidak banyak yang bisa dikerjakan, kalau tidak diingatkan. Kalau tidak diingatkan, jangan-jangan malah kader berpikir hari masih panjang untuk bekerja. Karena itu, perlu sedikit 'diintimidasi', sehingga di hari pencoblosan bisa mendapatkan hasil yang maksimal," tandas Gunastawa, yang akrab disapa Gus Oka.

'Kapsul Waktu' yang diluncurkan NasDem Bali berukuran 20 x 60 cm, berbahan paralon, dan dipastikan akan aman selama setahun.

Sebelum diluncurkan, seluruh kader NasDem yang hadir menulis harapan dan cita-citanya, untuk kemudian dimasukkan ke dalam 'Kapsul Waktu'. Gunastawa sendiri yang memimpin prosesi ini, diikuti seluruh kader. Harapan atau cita-cita yang ditulis itu berisi target politik mereka pada Pemilu 2019. Ini juga untuk mengingatkan mereka, bahwa mereka mempunyai tujuan dalam berpartai.

"Saya instruksikan kepada seluruh kader, agar mengejar target yang telah ditulis tersebut. Nantinya pada 17 April 2019, akan dicek, apakah target itu terpenuhi atau tidak," imbuh politikus muda asal Karangasem ini.

Disinggung tentang targetnya secara pribadi selaku ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali, Gunastawa mengaku, dirinya berharap alam memberikan kesempatan untuk ikut menyumbangkan pengabdian kepada masyarakat Bali.

"Kebetulan hari pencoblosan 17 April 2019, bertepatan dengan hari ulang tahun saya yang ke-48. Saya berharap ado kado menarik, lolos ke DPR RI. Kalau bisa jangan satu dua kursi saja, tetap bisa lebih," kata Gunastawa.

Selain itu, selaku Komando Pemenangan Wilayah (KOMPEMWIL) Bali Partai NasDem, dirinya berharap bisa memimpin 'pertempuran' untuk memenangkan Partai NasDem secara wilayah di Bali.

Acara peluncuran 'Kapsul Waktu' ini juga diisi dengan makan bersama, hiburan, serta pembacaan puisi oleh kader Partai NasDem yang juga Sekretaris Garnita Malahayati NasDem Provinsi Bali, Siti Amelia.(*)