News Detail

Semarak Budaya Indonesia dalam Gelaran WIW di Ekuador

Semarak Budaya Indonesia dalam Gelaran WIW di Ekuador

  • 17 Juli 2018
  • 109
  • Nasdem
  • Diennaryati Tjokrosuprihatono
  • Duber Indonesia Untuk Ekuador

GUAYAQUIL, (17 Juli): Duta Besar Indonesia untuk Ekuador, Diennaryati Tjokrosuprihatono, membuka rangkaian kegiatan Wonderful Indonesian Week (WIW) di Hotel Hilton Colon Guayaquil. Kegiatan dengan tema Exotic Bali ini merupakan ajang promosi Gastronomi dan Budaya Indonesia yang berlangsung mulai tanggal 11 hingga 15 Juli 2018.


Diplomat Indonesia yang juga kader Partai NasDem itu mengungkapkan kegiatan tersebut dapat terselenggara berkat sponsorship dari Hotel Hilton Colon Guayaquil berupa kamar untuk semua peserta, bahan makanan dan promosi melalui sosmed, dan TV di tiga station TV, yaitu Teleamazonas, Telerama, Channel 10. Juga dari Amara Decor untuk interior dekorasinya.


“Acara berlangsung meriah dan dihadiri banyak orang penting dan pengusaha Ekuador yang berniat untuk berkunjung ke Indonesia terutama Bali,” katanya, Selasa (17/7).


Dalam acara pekan promosi ini, Michelin star Chef sekaligus Duta Gastronomi Indonesia untuk Belanda Chef Agus Hermawan yang memiliki 3 Resto Indonesia Ron Gastrobar Indonesia, Chef Gentur yang merupakan star Chef di Hotel Hilton Bandara Schipol serta Chef Marino dan Sonnia dari KBRI dan dibantu Chef Manfred and crew dari Hilton Hotel menyiapkan aneka hidangan khas Indonesia.


Hidangan pembuka seperti lumpia bebek, gohu ternate, gado-gado, martabak, lemper ayam, taco ayam sereh dan lainnya melengkapi makanan utama seperti nasi goreng, mie goreng, sop buntut, laksa Bogor, soto mie, soto ayam, sayur lodeh, tempe mendoan, bebek betutu, oseng kacang panjang tahu, sate ayam, sate kambing, sate maranggi, iga bakar cabe ijo, tahu isi, lalaban, sambel terasi, sambel tempe kencur, aneka kerupuk dan hidangan lainnya.


Hidangan desert berupa dadar gulung unti, cendol, ketan hitam, lapis panekoek, agar-agar jahe, wingko babat serta aneka minuman seperti teh upet gula batu, mojito kecombrang, mojito sinom, mojito air kelapa dengan sedikit sambal mendapat sambutan hangat para pengunjung.


“Setiap malam acara selesai pukul 23.30 dengan pengunjung menari bersama poco-poco, sajojo dan gemufamire,” terang cucu pahlawan nasional MH. Thamrin ini.


Dienny sapaan akrabnya mengungkapkan para pengunjung yang datang orang masing-masing membayar $45. Promosi Budaya Indonesia kali ini juga diisi dengan musik dan lagu oleh Yuyun George, Padre Jefry, Padre Elfi.


Tidak lupa Fashion Show dari Batik Chic by Novita Yunus dan tarian Indonesia oleh Vera dan Edgar yang menarikan 6 tarian khas Indonesia seperti tari Pendet, tari Legong Bapang Saba, tari Sonteng, tari Andjasmara, tari Enggang, tari Rampak, tari Punggawa menambah semarak gelaran acara.


“Saat pembukaan undangan yang hadir sekitar 80 orang dan dibuka oleh Kepala Kementerian Pariwisata untuk kota Guayaquil Sr Ricardo Armijos, dan dihadiri oleh GM Hilton Guayaquil Franz Mosser Pengusaha hotel Hilton Ekuador Maurice Dassum dan segenap undangan penting lainnya serta para pengusaha travel. Saat acara dinner selama 5 hari dihadiri 350,” pungkasnya.