News Detail

Capres Cawapres Koalisi Indonesia Kerja Resmi Mendaftar ke KPU

Capres Cawapres Koalisi Indonesia Kerja Resmi Mendaftar ke KPU

  • 10 Agustus 2018
  • 56
  • DPP NasDem
  • Pendaftaran Capres Cawapres

JAKARTA (10 Agustus): Pasangan Bakal Calon Presiden dan Bakal Calon Wakil Presiden Republik Indonesia usungan Partai NasDem yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja resmi mendaftar ke KPU.

Bakal Calon Presiden petahana, Joko Widodo (Jokowi) datang bersama pasangannya KH Ma'ruf  Amin.

Turut hadir mendampingi keduanya para petinggi partai pengusung Koalisi Indonesia Kerja dan para pendukungnya.

Presiden Jokowi yang kembali mencalonkan diri di periode keduanya itu datang mengenakan kemeja putih sederhana bertuliskan 'Bersih, Merakyat, Kerja Nyata.'

Sedangan KH Ma'ruf  Amin datang mengenakan kemeja putih dan kain sarung khasnya.

Bersama para petinggi partai koalisi, Presiden Jokowi dan KH Ma'ruf  Amin disambut Ketua KPU Arief Budiman beserta jajarannya untuk melengkapi persyaratan dokumen.

Kepada awak media, Presiden Jokowi mengumumkan bahwa keduanya bersama KH Ma'ruf  Amin dan partai pengusung telah menyelesaikan proses pemberkasan.

"Saya dan KH Ma'ruf  Amin didampingi partai koalisi Indonesia kerja mendaftar sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden periode 2019," kata Jokowi.

Berkas-berkas dokumen keduanya juga telah dinyatakan lengkap oleh KPU, selanjutnya masih ada beberapa tahapan lanjutan seperti pemeriksaan kesehatan.

"Insyaallah prosesnya berjalan dengan baik dan lancar," kata Jokowi di Gedung KPU Jakarta, Jumat (10/8).

Jokowi mengajak kepada masyarakat untuk menjadikan proses Pemilu 2019 sebagai ajang perayaan kegembiraan dalam berdemokrasi.

"Demokrasi bukan perang, bukan permusuhan tapi ajang mengadu gagasan mengadu ide rekam jejak dan prestasi," katanya.

Menurutnya jangan sampai karena adanya perbedaan pilihan politik masyarakat yang sama-sama kader bangsa justru malah bermusuhan.

"Aset terbesar kebangsaan kita adalah persatuan dan persaudaraan yang perlu kita jaga dan rawat bersama," ungkapnya.

Ia pun mengucapkan selamat kepada pasangan lainnya yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang malam tadi sudah mengumumkan akan mengikuti Pemilihan Presiden 2019.

"Kita menyampaikan selamat kepada beliau dan pendukungnya, tentunya kita sama-sama ingin memajukan bangsa Indonesia," pungkasnya.(*)