News Detail

Julie Sutrisno Laiskodat Raih Penghargaan Internasional

Julie Sutrisno Laiskodat Raih Penghargaan Internasional

  • 13 September 2018
  • 690
  • NasDem NTT
  • Julie Sutrisno Laiskodat
  • Calon Legislatif

JAKARTA (13 September):  Julie Sutrisno Laiskodat, sukses menjadi pengusaha dan meraih penghargaan APEC Best Award 2018 katagori "International Attractiveness".

 Penghargaan tersebut ia dapatkan berkat ketekunan dan kegigihannya dalam melestarikan, membina dan membimbing perempuan pengrajin tenun ikat Nusa Tenggara Timur selama beberapa tahun belakangan ini.


Penghargaan APEC itu ditujukan untuk perempuan pengusaha skala mikro, kecil dan menengah, yang telah menjalankan usahanya selama dua sampai dengan tujuh tahun dan telah mencapai titik impas (break-even point).


Sebelum keluar sebagai pemenang, Caleg DPR RI Partai NasDem untuk Dapil NTT 1 ini harus bersaing dengan para peserta dari Chile, Papua Nugini, Korea Selatan, Jepang, China, China Taipei, Filipina, dan Rusia.


Keterangan tertulis dari KBRI Port Moresby yang diterima media di Jakarta, Rabu, (12/9) menyebutkan, Julie Sutrisno yang juga  Ketua umum DPC IWAPI Jakarta Selatan menjadi wakil Indonesia di ajang APEC Best Award 2018 dalam ajang yang memperebutkan tujuh katagori penghargaan.


Menurut salah seorang anggota juri bernama Rina Zoet, penetapan Julie Sutrisno Laiskodat sebagai pemenang didasari pada kepiawaiannya dalam memadukan hasil karya pengrajin perempuan NTT dengan citra kontemporer kekinian, sehingga produk bisnisnya dapat diterima di pasar internasional.


Pengumuman dan penyerahan Piagam serta trophy penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Pemuda dan Pemberdayaan masyarakat Papua Nugini, Ana Solomon.


Julie berharap dapat meningkatkan perekonomian perempuan, kesejahteraan keluarganya, masyarakat NTT, dengan tujuan akhir mendorong dan membantu perekonomian Indonesia.


Hadir dalam ajang itu, antara lain Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise, Deputi Kesetaraan Gender Agustina Erni, dan Duta Besar RI untuk Papua Nugini Ronald Manik juga turut hadir dalam rangkaian pertemuan APEC Women Economic Forum tersebut.


Pada kesempatan itu, Yohana Yembise menyampaikan rasa bangganya. Dia menilai penghargaan itu menunjukan bahwa perempuan Indonesia dapat berkiprah di ajang internasional.


Ajang APEC Best Award itu merupakan bagian dari rangkaian sepekan acara APEC Women Economic Forum 2018 di Port Moresby dan yang ketiga kalinya diadakan. (*)