News Detail

Penggalangan Dana Kampanye Jokowi-Ma'ruf Dilakukan Transparan

Penggalangan Dana Kampanye Jokowi-Ma'ruf Dilakukan Transparan

  • 17 Oktober 2018
  • 923
  • DPP NasDem
  • Lestari Moerdijat
  • Calon Legislatif

Penggalangan Dana Kampanye Jokowi-Ma'ruf Dilakukan Transparan


JAKARTA (17 Oktober):  Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Rerie Lestari Moerdijat mengumumkan rekening kampanye Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin yang akan digunakan untuk penggalangan saat kampanye Pilpres 2019. Akan ada sistem yang dibuat untuk mengantisipasi dana yang bermasalah masuk ke rekening TKN.


"Nanti akan dimunculkan platform, secara sistem, otomatis proses penyaringan dan sortir itu akan terjadi. Jadi sudah disiapkan sistem yang langsung bisa melakukan verifikasi," ujarnya di Posko Cemara, Jakarta, Selasa (16/10).

Nantinya, kata Rerie, akan ada proses verifikasi dari penyumbang dana untuk TKN Jokowi-Ma'ruf. Hal itu dilakukan agar sumber dana sumbangan jelas identitasnya.


"Nanti diverifikasi siapa pengirimnya. Kalau pengirimnya tak dikenal atau sumbernya mencurigakan otomatis nanti kami kembalikan," ujarnya

Rerie menyebut, saat Pilpres 2014, tim kampanye Jokowi-Jusuf Kalla (JK) pernah mengembalikan total uang sebesar Rp6 miliar ke kas negara lantaran tidak jelas sumbernya.


"Total Rp6 miliar dikembalikan ke kas negara. Kan enggak boleh (dikembalikan ke pengirimnya). Harus dikembalikan ke kas negara sesuai aturannya," kata Rerie yang pernah menjadi Bendara Tim Jokowi-JK. (*)