News Detail

Politisi Muda NasDem Dukung Festival Atib Koambai

Politisi Muda NasDem Dukung Festival Atib Koambai

  • 11 Juni 2019
  • 97
  • NasDem Rokan Hilir

ROKAN HILIR (11 Juni): Politisi muda Partai NasDem Muhammad Maliki menghadiri Festival Atib Koambai di Desa Teluk Nilap, Kecamatan Kubu Babussalam, Rokan Hilir, Provinsi Riau, beberapa hari lalu.


Maliki mengaku sangat menikmati gelaran acara yang dipadati para pengunjung itu.


 “Seru bisa menyaksikan langsung ritual Tolak Bala Atib Koambai. Semua masyarakat dua kecamatan ini pun tumpah ruah di lokasi acara. Bahkan sejumlah warga dari kecamatan tetangga di Rokan Hilir dan sekitarnya turut menyaksikan kemeriahannya,” tulis Maliki di akun instagramnya.

Menurut Maliki, kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak 67 tahun silam. Atib Koambai biasanya dilakukan setiap hari ketiga Idul Fitri. 


“Acara kemarin dipimpin langsung oleh Tuan Guru KH Azwar,” katanya.

Maliki menjelaskan, awal pertama kali dibuatnya kegiatan ini karena pada masa itu masyarakat Kubu sempat terjangkit wabah penyakit kolera dan akhirnya warga sepakat melakukan Atib Togak yang di dalamnya ada bagian masyarakat membacakan shalawat nabi bersama-sama.


Kemudian pada saat prosesi Atib Togak berlangsung masyarakat diminta menutup pintu rumah sambil menghidupkan asap dengan tujuan agar penyakit tidak singgah ke permukiman warga lagi.


“Menariknya, tradisi ritual ini hanya ada dua di Indonesia, satu di Kecamatan Kubu Babusalam (Rokan Hilir/Riau) dan satu lagi di Provinsi Lampung,” tambah Maliki.

Maliki bersyukur kegiatan yang berlangsung di daerah Kubu Babussalam ini dapat terus terjaga eksistensinya, bahkan sudah menjadi event wisata religi yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat.


“Insya Allah ke depan akan terus kita dukung. Sehingga bisa terus berkembang dan menjadi event wisata religi nasional, Aamiiin ya Robbal a’lamin,” tutup Maliki.(*)