News Detail

NasDem Beri Pembekalan Table Manner bagi Caleg DPR Terpilih

NasDem Beri Pembekalan Table Manner bagi Caleg DPR Terpilih

  • 19 Juli 2019
  • 0
  • DPP NasDem
  • Sekolah Legislatif
  • Charles Meikyansah


JAKARTA (20 Juli): Meski  Wakil Presiden Jusuf Kalla secara resmi telah menutup Sekolah Legislatif Partai NasDem 2019, mata kuliah Table Manner tetap dilanjutkan di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Jumat (19/7).


Partai NasDem memberikan pembekalan table manner kepada 59 caleg DPR RI terpilih berserta pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem se Indonesia untuk membekali legislator NasDem agar berperilaku layak mulai dari meja makan.

 
"Partai NasDem lah yang benar-benar partai detail untuk melihat bahwa orang-orang yang duduk di  legislatif ini perlu diberikan pengarahan, pelajaran dan pengalaman, bagaimana melakukan jamuan makan yang benar dan tidak salah," kata anggota DPR terpilih NasDem Charles Meikyansah di Hotel Mercure Ancol, Jumat (19/7).
 

Menurut caleg DPR RI terpilih dari Dapil Jawa Timur IV itu, hal ini penting dan menarik untuk diajarkan. Sebagai anggota DPR, kader NasDem adalah  pejabat negara dan harus menjaga kewibawaan.


Charles mengatakan akan banyak pertemuan yang dihadiri anggota legislatif nantinya. Termasuk, pertemuan formal makan malam. NasDem tak ingin kadernya yang duduk di DPR tak bisa berperilaku layak dalam pertemuan tersebut.

 
"Makan dan minum, segala macam itu, harus mencerminkan sikap legislator," kata Charles.
 

Menurut Charles, tradisi ini sudah dilakukan Partai NasDem sejak 2014. Table manner jadi bagian materi dalam Sekolah Legislatif NasDem. 


"Tentang adab, kesantunan, dan yang boleh dan tidak boleh dilakukan hingga tos-tosan minuman juga," beber Charles.
 

Ketika table manner, 59 anggota DPR dari Partai NasDem dipandu menggunakan perangkat jamuan dalam suatu meja. Proses tersebut penuh canda tawa, karena banyak dari wakil rakyat tak terbiasa menghadapi jamuan formal.

 

Aturan table manner sendiri sangat ketat, bahkan untuk urusan duduk di kursi, peserta tak bisa sembarangan. Mereka harus tegak dan tidak bersandar pada kursi. Selain itu, peserta dilarang menempatkan lengan mereka di meja.

 
"Kalau mengambil butter untuk roti, harus pakai alat ya, jangan dicocol karena ini bukan colenak," ujar Jodi dari IBS Professional Image Consultant  yang khusus diambil dari John Robert Power tersebut dan disambut tawa peserta.(Medcom.id/*)