News Detail

JK Minta NasDem Jaga Keseimbangan Peran Legislatif dan Eksekutif

JK Minta NasDem Jaga Keseimbangan Peran Legislatif dan Eksekutif

  • 20 Juli 2019
  • 122
  • DPP NasDem, Jusuf Kalla



JAKARTA (20 Juli): Dalam sambutannya saat menutup Sekolah Legislatif Partai NasDem 2019, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berpesan agar para calon anggota legislatif terpilih dari Partai NasDem mampu berinovasi dan memahami tantangan serta persaingan yang saat ini sedang dihadapi bangsa, khususnya dalam bidang kemajuan teknologi dan ekonomi.


“Kita paham bahwa sekarang adalah era persaingan yang bisa dimenangkan dengan teknologi dan pertumbuhan ekonomi yang baik. Itu semua memerlukan sistem nasional pemerintahan kita yang seimbang,” jelas JK di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, Jakarta, Jumat (19/7). 

JK memahami NasDem merupakan salah satu partai pendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Namun, JK mengingatkan para calon anggota legislatif Partai NasDem yang sudah terpilih agar mampu menjaga peran antara legislatif dan eksekutif sehingga tetap berimbang.


“Meski di sini dididik untuk maju, tapi bagaimana mengkritik pemerintah itu juga masih bagian dari kita untuk memajukan bangsa dengan seimbang,” tuturnya.

JK mengingatkan, tanpa kritik yang membangun, pemerintah bisa bermasalah. Pemerintahan tidak akan berjalan sempurna jika pembagian anggaran yang dilakukan pihak legislatif tidak berimbang. 

Ketidakadilan, ungkap JK, berpeluang menciptakan konflik.

"Kita sudah 74 tahun merdeka, dan sering ada konflik yang muncul. Salah satunya karena ada ketidakadilan. Di sinilah tugas kita semua bagaimana membuat kemajuan dengan adil,” tukasnya.(MI/Uta/*)