News Detail

Surya Menilai Ibu Kota Baru Bakal Jadi Warisan Terbesar Kepemimpinan Jokowi

Surya Menilai Ibu Kota Baru Bakal Jadi Warisan Terbesar Kepemimpinan Jokowi

  • 16 Agustus 2019
  • 99
  • DPP NasDem
  • Surya Paloh



JAKARTA (16 Agustus): Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menilai pemindahan ibu kota baru bakal jadi warisan terbesar dari kepemimpinan Presiden Jokowi. Surya pun sepakat dengan rencana itu.


"Saya pikir itu merupakan salah satu pekerjaan besar Presiden Jokowi yang ingin mencoba meninggalkan legacy kepemimpinannya," kata Surya di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8).

Surya menilai wacana pemindahan ibu kota ini sudah dicanangkan sejak era Presiden Soekarno. Untuk itu tahapan pengkajian dan momentumnya harus tepat. 


Pasalnya Surya menyadari akan banyak tantangan di wilayah ibu kota baru sehingga harus ada perencanaan matang soal tata kota dan anggaran.


"Saya pikir itu suatu kebijakan yang penuh dengan keberanian 74 tahun kita merdeka," kata Surya.

Surya menambahkan pemerintah juga harus meyakinkan masyarakat agar siap menerima perubahan sebagai daerah ibu kota baru.


Presiden  mengatakan pemindahan ibu kota adalah upaya untuk terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi.


Menurut Jokowi, ibu kota bukan sekadar simbol identitas sebuah bangsa, melainkan harus mampu menjadi representasi kemajuan bangsa.


Presidem juga telah meminta restu kepada para wakil rakyat untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.


Hal itu disampaikan Jokowi dalam Pidato Kenegaraan Sidang Tahunan MPR yang juga dihadiri Ketua Umum NasDem Surya Paloh.


"Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," kata Jokowi di Ruang Rapat Paripurna MPR, Gedung Nusantara I, Jakarta, Jumat (16/8).(*)