News Detail

Muthmainnah Korona Tanam Mangrove Penuhi Nazar

Muthmainnah Korona Tanam Mangrove Penuhi Nazar

  • 10 September 2019
  • 53
  • NasDem Kota Palu

PALU(10 September): Anggota terpilih DPRD Kota Palu dari Partai NasDem, Muthmainnah Korona melakukan penanaman mangrove untuk menunaikan nazar politiknya di Pantai Bamba, Kelurahan Mpanau, Palu Utara, Sulawesi Tengah, Senin (9/9). Upaya penanaman mangrove tersebut merupakan upaya mengembalikan ekosistem pesisir pantai akibat terjangan tsunami 2018 lalu.


Politikus NasDem ini mengajak masyarakat sekitar dan komunitas Sekolah Mombine menanam mangrove di pesisir pantai. Muthmainnah mengakui tindakan ini untuk menciptakan kehidupan warga sekitar menjadi kembali baik seperti semula.


"Ini bukan sekadar nazar politik, tapi juga simbolisasi perjuangan kaum perempuan untuk kehidupan yang lebih baik,” ujar Muthmainnah Korona, seusai dilantik sebagai DPRD Kota Palu, Senin(9/9).

Kondisi pantai tersebut pasca tsunami sangat memprihatinkan, tanggul yang sebelumnya berdiri kukuh, kini tinggal puing-puing tembok tidak beraturan di bibir pantai. 


Jika saatnya air pasang dan ombak datang, rasa khawatir menyelimuti warga sekitar. Karena tidak ada yang dapat membendung ombak, menjadikan pesisir pantai terkena abrasi.


"Kenapa harus mangrove? Karena inilah yang menurut kami fektif untuk menahan ombak dan abrasi tersebut. Biayanya juga relatif murah dan terpenting adalah warga sekitar juga merasa dilibatkan,” urai Muthmainnah Korona yang akrab disapa Neng.

Muthmainnah mengungkapkan rasa senangnya atas keaktifan warga pada upaya penanaman kembali mangrove. Warga dari berbagai kalangan dan tingkatan usia itu saling berbagi tugas. Ada yang menggali lubang, ada yang menanam bakau, dan ada pula yang bertugas menancapkan potongan bambu sebagai penahan agar bakau yang ditanam tidak tercabut dari gulungan ombak.


Dalam kedudukannya sebagai anggota DPRD Kota Palu yang baru dilantik, Muthmainnah menegaskan akan tetap berada pada garis kebijakan yang berpihak kepada warga, tidak terkecuali upaya-upaya pemberdayaan warga pascabencana.(NasDem Sulsel/*)