News Detail

Pemerintah Wajib Perbaiki Kualitas SDM  Papua

Pemerintah Wajib Perbaiki Kualitas SDM Papua

  • 11 September 2019
  • 50
  • DPP NasDem
  • Dialog Selasa


JAKARTA (11 September): Sulaeman L Hamzah anggota DPR RI Komisi  IV Dapil Papua menyarankan persoalan di Papua harus diselesaikan secara adat dan kebudayaan. Dalam memperbaiki kualitas SDM, bukan lagi diselesaikan dengan pendekatan militer dan politik.


Legislator NasDem ini menyampaikan bahwa pemerintah harus meningkatkan daya saing masyarakat Papua. Dengan cara pembuataan fasilitas pendidikan dan kesehatan secara seimbang sampai ke pedalaman suku-suku.


"Saya hampir keliling ke seluruh kabupaten di Papua,  ternyata masih banyak persoalan gizi buruk dan asupan makanan tidak terpenuhi," tutur Sulaeman, saat menjadi narasumber Dialog Selasa Partai NasDem yang dilangsungkan di Auditorium DPP Partai NasDem,  Jakarta Pusat,  Selasa(10/9).

Ia mengungkapkan, saat ini kebijakan presiden sudah memiliki niat dan upaya untuk pembangunan Papua. Namun penyalurannya masih kurang efektif, termasuk peran kementerian yang masih sangat pasif.


Selanjutnya ia mengakui kesenjangan di tanah Papua sangatlah tinggi bila dibandingkan dengan daerah lain.


"Berakibatkan anak-anak di Papua sangat sulit bersaing dengan masyarakat lain. Seperti penerimaan tentara sampai keperintahan masih sangat minim. Inilah salah satu ketidakadilan yang dirasakan," jelasnya.

Sulaeman mengingatkan, masyarakat Papua khususnya anak muda di Papua, memiliki potensi yang besar bila diberikan kesempatan yang sama.(*)