News Detail

Masalah Papua Beda dengan Daerah Lain

Masalah Papua Beda dengan Daerah Lain

  • 11 September 2019
  • 52
  • DPP NasDem
  • Dialog Selasa



JAKARTA (10 September): Befa Yigibalom, Bupati Lanny Jaya, Papua, mengakui permasalahan di Papua berbeda dengan wilayah lain di Indonesia. 


"Dalam menyelesaikan Papua harus dengan cara Papua, bukan dengan cara Sumatera maupun Jawa atau lain-lainnya," ucap Befa, saat menjadi narasumber Dialog Selasa Partai NasDem yang dilangsungkan di Auditorium DPP Partai NasDem,  Jakarta Pusat,  Selasa (10/9).

Befa mengatakan harus ada pembuatan visi yang jelas untuk masyarakat Papua. Penyelesaian tersebut bukan untuk jangka pendek melainkan jangka panjang. 


"Pembagian uang secara langsung bukan solusi yang cukup baik buat masyarakat Papua, karena budaya saving money masih minim di masyarakat Papua," ujar Befa.

Bupati dua periode ini menentang keras pendekatan secara militer dan tindakan preventif dalam upaya penyelesaian masalah. Karena hal tersebut hanya menciptakan masalah  baru.


 "Pemerintah harus menyerahkan hati sepenuhnya kepada masyarakat Papua, nantinya masyarakat Papua akan memberikan cintanya," tambah Befa.

Ia juga mengkritik diberlakukannya otonomi khusus.(*)