News Detail

Milenial NasDem Angkat Bicara Soal Bonus Demografi

Milenial NasDem Angkat Bicara Soal Bonus Demografi

  • 17 September 2019
  • 329
  • DPP NasDem



JAKARA (17 September): Keuntungan bonus demografi Indonesia sesuai dengan data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), pada 2030-2040 diperkirakan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup banyak.


 Legislator muda NasDem Rian Firmansyah yang juga anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024, angkat bicara tentang persoalan tersebut.


Laki-laki asal Bandung tersebut melihat dua kemungkinan bagi Indonesia tentang peluang dan ancaman dalam bonus demografi.


"Bonus demografi harus diikuti oleh kualitas SDM dari sisi pendidikan dan keterampilan. Jangan kemudian menjadi beban karena tidak seimbangnya supply dan demand antara angkatan kerja dan kesempatan kerja," imbau Rian di Jakarta, Selasa (17/9).

Rian yang lolos ke Senayan dari Dapil Jawa Barat II ini menyarankan kepada pemerintah untuk membuka dan mendorong industri kreatif, hingga dalam tataran internasional dapat meningkat. Juga meningkatkan kerja sama dengan negara lain untuk dapat menyalurkan SDM Indonesia.


Lebih jauh Rian juga menyarankan agar usaha industri yang sudah memasuki era 4.0 dapat bersaing dengan industri global.


"Terutama kelompok produktif, harus ditingkatkan skillnya, dengan melibatkan semua komponen pada peningkatan kualitas SDM yang memiliki kemampuan iptek dan inovasi," tegasnya.

Oleh karena hal tersebut, banyak gagasan yang akan dibawa kaum milenial DPR RI asal Partai NasDem. Apa saja langkah mereka dalam 'menggoyang Senayan' maka Partai NasDem mengangkat tema tentang milenial pada Diskusi Dialog Selasa yang menjadi acara pra Konggres II Partai NasDem.(*)