News Detail

Rachmad Gobel Harap Pencak Silat 'Perisai Diri' Tangkal Radikalisme

Rachmad Gobel Harap Pencak Silat 'Perisai Diri' Tangkal Radikalisme

  • 19 Oktober 2019
  • 41
  • Rachmad Gobel



YOGYAKARTA (19 Oktober): Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi NasDem yang juga Ketua Kehormatan Kelatnas Indonesia Perisai Diri, Rachmad Gobel berharap 'Perisai Diri' ikut mendukung program Pemerintahan Joko Widodo dalam membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) selama lima tahun ke depan.


"Kami berharap selama lima tahun ke depan Perisai Diri bisa jadi bagian ikut berperan membangun SDM melalui olahraga pencak silat," ungkap Rachmad Gobel saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) XXIV Keluarga Silat Nasional (Kelatnas) Indonesia Perisai Diri di Yogyakarta, Sabtu (19/10).

Ditegaskan Rachmad, Perisai Diri merupakan olahraga pencak silat yang memiliki nilai-nilai budaya sangat tinggi. Dengan demikian, nilai-nilai itu perlu dijabarkan untuk membantu pemerintah meningkatkan kualitas SDM di Tanah Air.


Keberhasilan pembangunan SDM, menurut dia, akan mengantarkan Indonesia menjadi negara maju. Seperti di Jepang, Rachmad mencontohkan, berkat pembangunan SDM-nya yang kuat, maka dapat menciptakan beragam teknologi yang mampu memajukan negaranya.


Menurutnya, pencak silat bukan sekadar olahraga biasa. Melalui pencak silat, otot, hati, dan pikiran mampu disinergikan.


"Kalau bisa disinergikan, ini akan memberikan suatu hasil pembentukan karakter yang kita bisa harapkan menjadikan pemimpin-pemimpin bangsa di masa mendatang," kata dia.

Dengan bekal nilai budaya yang tinggi, lanjut Rachmad, Perisai Diri juga diharapkan ikut membangun rasa optimisme serta melawan berbagai ideologi yang merusak bangsa termasuk intoleransi dan radikalisme.


Penasihat Dewan Kehormatan Perisai Diri DIY KGPAA Paku Alam X berharap Perisai Diri sebagai salah satu kekayaan bangsa mampu merapatkan barisan untuk berperan menjaga persatuan dan kekompakan bangsa.


"Saya berharap seluruh keluaraga Perisai Diri tetap solid terorganisasi dengan baik, profesional, dan memiliki kontribusi besar bagi pembentukan karakter bangsa," kata Wakil Gubernur DIY ini.(Ant./*)