News Detail

NasDem Apresiasi Program Petani Milenial Kementan

NasDem Apresiasi Program Petani Milenial Kementan

  • 13 Februari 2020
  • 104
  • Fraksi NasDem
  • Charles Meikyansah

JAKARTA (13 Februari): Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi NasDem, Charles Meikyansah mengatakan program Petani Millenial dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI dapat mengentaskan krisis regenerasi petani di Indonesia.


Charles mengatakan itu saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPR dengan jajaran Kementerian Pertanian RI di Jakarta, Kamis (13/2). Rapat  tersebut merupakan tindak lanjut Raker tanggal 18 November 2019 tentang Rencana Kerja Anggaran Tahun 2020 Perubahan Komposisi Pagu Anggaran Tahun 2020 dan lain-lain.


"Sudah disampaikan tentang krisis regenerasi petani. Jadi petani milenial ini harus bisa menjawab krisis tersebut," ujar Legislator NasDem tersebut.

Anggota DPR dari dapil Jawa Timur IV tersebut menyarankan kepada Kementan agar membuka ruang seluas-luasnya bagi lulusan pertanian untuk mendukung program tersebut.


Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Agustus 2019, penduduk yang bekerja pada sektor pertanian, kehutanan, perikanan sebanyak 34,58 juta orang, turun 1,12 juta atau 1,46% dibandingkan pada Agustus 2018.


"Untuk petani di bawah usia 45 tahun hanya berjumlah 183 ribu dan rata-rata sudah berumur mendekati 45 tahun. Oleh karena itu, saya mengapresiasi langkah Program Komando Strategis Tani dan Petani Milenial untuk menjawab masalah ini semua," tegas Legislator NasDem tersebut.(BA/*)