Sosok Detail

Segudang Prestasi Nining Indra Shaleh

Segudang Prestasi Nining Indra Shaleh

  • 09 November 2017
  • 106

SOSOK yang mendapat julukan “Srikandi Senayan” ini meniti kariernya dari bawah hingga kemudian ia dipercaya menjadi orang nomor satu di Setjen DPR RI sebagai Sekretaris Jenderal pada periode 2008-2012.


Selama ia menjabat sebagai Sekjen DPR RI, Sekretariat Jenderal DPR RI berhasil mendapat banyak penghargaan yang belum pernah diterima lembaga ini sebelumnya. 


Penghargaan yang diraih di antaranya adalah mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas audit laporan keuangan oleh BPK RI selama empat tahun berturut-turut mulai tahun 2009-2012.


Nining Indra Shaleh adalah putri seorang pejuang veteran dengan pangkat terakhir Letnan Muda Tk.I Badan Keamanan Rakyat (BKR). Nining lahir di Cirebon pada tanggal 13 April 1955 dari pasangan H. Moch. Saleh Paindra dan Hj. Casriah. 


Ayahnya adalah seorang tokoh penting di Cirebon. Ia pernah menjadi wedana di Ciledug, Sindang Laut, dan Arjawinangun. Lalu dia pernah menjadi Patih Kabupaten Cirebon, petinggi di Kabupaten Indramayu dan Sekretaris Residen Cirebon, lalu menjadi anggota DPRD Kabupaten Majalengka dan terakhir menjadi Bupati Majalengka 1978-1983.


Nining menyelesaikan pendidikan dasarnya di Cirebon. Setelah itu ia melanjutkan pendidikan tingginya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta jurusan ilmu pemerintahan yang berhasil diselesaikannya pada tahun 1980. Nining kemudian melanjutkan pendidikan magisternya di Universitas Satya Gama Jakarta dan lulus pada tahun 2000.


Semasa menjadi mahasiswa, Nining tumbuh menjadi aktivis kampus. Dia pernah menjadi pengurus Senat Mahasiswa FISIP UGM periode 1977-1980 dan memimpin HMI-WATI Cabang Yogyakarta periode 1978-1980. 


Selepas masa pendidikannya, Nining yang mendapat julukan “Srikandi Senayan” ini mulai meniti kariernya sebagai PNS di Sekretariat Jenderal DPR RI. Nining berkarier selama 33 tahun, mulai dari bawah hingga pada akhirnya mengantarkannya menjadi orang nomor 1 di institusi tersebut yaitu sebagai sekjen DPR RI tahun 2008-2013. 


Nining juga menerima penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) atas prestasinya dalam akuntabilitas kinerja. Nining juga mendapat penghargaan dari Menteri Keuangan atas kinerjanya yang sangat baik dalam pengelolaan barang milik negara.


Purnatugasnya sebagai Sekretaris Jenderal DPR RI tidak menghalanginya untuk terus mengabdikan diri kepada bangsanya. Sejak bulan Januari 2013 pengabdian itu ia wujudkan dengan bergabung ke Partai Nasional Demokrat (NasDem). 


Selama memperjuangkan aspirasi masyarakat melalui Partai NasDem berbagai jabatan telah diraih Srikandi Senayan ini di antaranya sebagai Wakil Sekjen, Kepala Sekolah Legislatif, dan Sekjen DPP Partai NasDem, serta Pembina Fraksi NasDem DPR RI.


Terakhir Puteri Cirebon ini menjabat sebagai Ketua DPP Partai NasDem Bidang Pendidikan Politik dan Kebudayaan. Nining ingin terus mengabdi untuk bangsanya, cita-citanya adalah ingin mewujudkan anggota legislatif yang amanah dalam memperjuangkan setiap aspirasi rakyat Indonesia. []