Sosok Detail

Saan Mustopa, Spirit Restorasi dari Jawa Barat

Saan Mustopa, Spirit Restorasi dari Jawa Barat

  • 05 Maret 2018
  • 624

Pria kelahiran Karawang, 5 Juli 1968 ini sedang menjalani masa studinya sebagai mahasiswa S3 di Universitas Indonesia. Kelihaiannya dalam berdiplomasi tampaknya sudah dikenal masyarakat luas sebagai potensi besar yang dimilikinya. 


Lulusan IKIP Bandung ini memang besar dari organisasi. Tercatat banyak posisi penting yang diembannya selama masa kuliah.  Sebut saja menjadi Ketua Senat Mahasiswa MIPA IKIP Bandung dan Sekretaris Umum Mahasiswa IKIP Bandung. 


Pria satu ini juga dikenal terlibat aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Bandung. Bahkan ia pernah terpilih menjadi Ketua Pengurus Besar (PB) HMI di tingkat nasional.


Saan Mustopa atau yang akrab dipanggil Kang Saan merupakan politikus yang sudah sejak lama dikenal masyarakat luas Jawa Barat bahkan nasional. 


Saan sebelumnya berhasil melenggang ke gedung DPR RI setelah memenangkan Pemilu Legislatif di tahun 2009 dengan perolehan suara 60.508. Saan kemudian terpilih lagi menjadi Anggota DPR RI pada masa bakti 2014-2019.


Tahun 2015 Saan memutuskan untuk maju sebagai calon Bupati Karawang berpasangan dengan Iman Sumantri. Pada pesta demokrasi itu Saan menempati urutan kedua dengan perolehan 200.509 suara.

 

Segudang pengalaman dan keseriusan Saan di jagat politik mengantarkannya menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Jawa Barat periode 2016-2021.


Saan dipercaya langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk dapat menghidupkan panji restorasi di Provinsi Jawa Barat. 


Saan merupakan tokoh Jawa Barat yang memiliki segala kemampuan. Dengan karisma yang dimilikinya, Partai NasDem akan sangat rugi jika tidak memberikan kesempatan kepada Saan untuk membawa gerakan perubahan dari Jawa Barat.


Salah satu tugas yang diberikan kepada Saan Mustopa adalah menjaring dan merekomendasikan calon-calon kepala daerah berintegritas di Jawa Barat.


Kepercayaan besar itu diemban dengan penuh kesungguhan oleh Saan hingga berhasil mewarnai persiapan Pilgub Jawa Barat yang akan dihelat 27 Juni 2018 mendatang. 


Saan yang dikenal memiliki jaringan sosial yang begitu kuat, mendorong Partai NasDem untuk dapat bergerak cepat mendeklarasikan dukungan kepada Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil sebagai Calon Gubernur Jawa Barat. 


Peraih penghargaan Charta Politika Award tahun 2012 dari lembaga riset Charta Politika ini akan berjuang untuk menebar virus positif gerakan perubahan di Jawa Barat dan memenangkan Pilkada serentak tahun 2018 yang ada di teritorial Jawa Barat.


Saan juga menargetkan untuk dapat menyumbang 11 kursi DPR RI dari 11 Dapil yang ada di Jawa Barat untuk Pemilihan Umum legislatif tahun 2019 mendatang.


Saan begitu beruntung dikaruniai isteri yang sholehah dan mendukung perjalanan politiknya. Dia adalah Ilah Hollilah, M.Si,. Seorang Ustadzah, Pembina Majelis Taklim Kabupaten Karawang, dan Dosen di Fakuktas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanudin, Banten.


Saan juga begitu dekat dengan kalangan media. Sudut pandangnya yang objektif dan bernas serta pembawaannya yang santun mendapat respon positif di kalangan masyarakat. Tak jarang Saan mendapat kesempatan untuk menjadi narasumber di banyak kegiatan. 


Di tengah padatnya aktifitas keseharian yang harus dijalani, Saan bahkan tidak pernah meninggalkan sholat 5 waktu. Hal ini terlihat saat Saan mengikuti Rakernas Partai NasDem yang digelar di JIExpo Jakarta, 15 November 2017 silam. Saan sejenak meninggalkan area Rakernas untuk melaksanakan sholat Ashar berjamaah. 


Integritas pria yang gemar 'nggenjot sepeda' ini juga begitu baik. Hal itu membuat sosok politisi NasDem ini menjadi teladan bagi semua kalangan termasuk rekan-rekan sejawatnya di Partai Politik.


Semoga dengan ketulusan yang dimiliki Saan mampu memberikan dampak positif bagi kiprahnya di Partai NasDem untuk memperkuat barisan pejuang pembawa restorasi di Jawa Barat.(*)