Sosok Detail

Anton Pernandes Ingin Lebih Bermanfaat untuk Orang Banyak

Anton Pernandes Ingin Lebih Bermanfaat untuk Orang Banyak

  • 07 November 2018
  • 5

BANYUASIN (7 November): Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dilakukan secara demokratis dan terbuka. Siapa pun dapat mengikuti perhelatan pemilu serentak di Indonesia tersebut pada 17 April 2019 mendatang. 


Salah satunya Anton Pernandes, SH. Ia merupakan salah satu anak bangsa yang akan berkompetisi di pileg tahun depan yang akan dilakukan serentak bersamaan dengan pemilihan presiden.


Anton merupakan anak ke iga dari pasangan Efredi dan Padila warga Desa Tanjung Agung Selatan dan Bailangu di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.


Medio tahun 2017 ayah dari Susi Yadeli dan Nuh Abdilah ini mengikuti pendidikan bersama Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem yang berlangsung selama empat bulan di kampus ABN Pancoran Jakarta Selatan. 


Selama masa pendidikan itu Anton mendapatkan pemahaman seputar kebangsaan, kepribadian, hingga kepartaian.


Menurut Anton, partai merupakan alat demokrasi yang ada di Indonesia. Ia pun membulatkan tekadnya dengan satu tujuan ingin mengabdi bagi masyarakat luas dan ikut memajukan daerah Provinsi Sumatera Selatan.


“Kita semua sebagai warga harus mengetahui dan mengenal individu siapa yang nantinya akan membawa aspirasi dan bisa mewakili kita dalam legislatif nantinya,” ujarnya.

Sempat terhambat melanjutkan pendidikannya karena faktor ekonomi, Anton akhirnya lulus dari Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang.


Selama masa kuliah karakter Anton dibentuk melalui berbagai kegiatan seperti leadership kepemimpinan melalui organisasi kampus baik internal maupun eksternal. Tahun 2009 Anton sudah bergabung menjadi Anggota Mapala BRIMPALS.


Anton juga dipercaya menjadi Ketua Pelaksana Kejuaraan Nasional Panjat Dinding dan aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palembang Komisariat Universitas Muhammadiyah Palembang 2012-2013.


Selepas kuliah Anton bekerja di perusahaan swasta dan bekecimpung di berbagai organisasi sosial seperti Masita ICMI Orda Banyuasin, Ika SMA PGRI Betung, Sosial Walfera Foundation.


Pada tahun 2014 Anton mendapat telepon dari Kakanda Hariyono, Msi yang merupakan alumni HMI cabang Palembang di Partai NasDem Bidang Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Wilayah Sumatera Selatan.


Hariyono mungkin saja melihat potensi besar dalam diri seorang Anton Pernandes yang akhirnya memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif DPRD Provinsi Sumsel Dapil 9 Musi Banyuasin No urut 4.


Anton menilai saat ini Partai NasDem merupakan partai yang siap menempatkan apa yang sedang dibutuhkan masyarakat Indonesia.


Menurutnya, jangan ada lagi oknum-oknum pemimpin dan wakil rakyat yang membodohi masyarakat dengan istilah si kaya menindas si miskin.


Ia pun sangat meyakini bahwa Partai NasDem merupakan alternatif baru untuk memperjuangkan kebutuhan serta kepentingan masyarakat Indonesia terutama di Provinsi Sumatera Selatan.


“Partai yang didirikan  Surya Paloh dengan gerakan perubahan mengembalikan tujuan pendiri bangsa yang tidak akan berpura- pura untuk kepentingan kelompok,” tandasnya.(*)