Sosok Detail

Perempuan Tangguh dari Palangka Raya

Perempuan Tangguh dari Palangka Raya

  • 07 November 2018
  • 5

PALANGKA RAYA (6 November): Komitmen yang kuat harus menjadi modal bagi kaum perempuan ketika memutuskan terjun ke kancah politik. Narasi politik yang kuat juga menjadi jalan untuk terjun ke dunia politik.


Hal itu dibeberkan Mukarramah,  calon anggota legislatif (Caleg) Partai NasDem nomor urut satu, dapil 3, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.


“Sebelum memutuskan menjadi caleg, saya aktif berorganisasi," tegas Mukarramah di Palangka Raya, Senin (5/11).

Beberapa organisasi yang pernah diikuti perempuan berhijab itu antara lain organisasi profesi Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) dari tahun 2000-2003, Ketua IGRA Kota Palangka Raya tahun 2003-2008, Sekretaris IGRA Provinsi Kalteng tahun 2008- 2013 dan sampai  masuk di kepengurusan PP IGRA bagian Organisasi dan Pengkaderan. 


Perempuan energik itu juga mengatakan dirinya aktif di Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kota Palangka Raya dari tahun 2004-2009 dengan menjabat sebagai Sekretaris sejak tahun 2009- 2014 dan baru pada tahun 2014-2019 menjadi ketua.


“Saya juga aktif di Majelis Ulama Indonesia (MUI), FUI dan aktif di kelompok pengajian ibu-ibu sampai sekarang,” kata ibu tiga orang anak ini.  

Mukarramah menambahkan, suaminya setelah lepas dari KPU juga ikut bergabung di Partai NasDem sebagai Ketua KSN Provinsi Kalteng.


Memasuki masa kampanye, untuk mendapatkan suara Mukarramah  membentuk tim-tim yang loyal. Salah satunya dengan memberikan kepercayaan terhadap jejaring yang telah dibangun di daerah pemilihan (dapil).


“Harus semangat, rajin terjun dan bertemu langsung dengan masyarakat. Dengan begitu, bisa membentuk jejaring yang nanti dapat merekomendasikan kita untuk dipilih,” urai istri H. Saaduddin Baya itu.

Kini, perempuan kelahiran Palangka Raya 22 Mei 1971 itu, berharap dapat merebut suara anak muda, wanita dan netizen. Sebab ketiga elemen tersebut sudah terbukti berhasil dalam mendulang suara pada beberapa pilkada.(*)