Sosok Detail

Ketulusan Total Horjani untuk Masyarakat

Ketulusan Total Horjani untuk Masyarakat

  • 08 November 2018
  • 25

BATAM (8 November): Politisi Partai NasDem Horjani Dewati Hutagalung, SE dikenal masyarakat sebagai pribadi yang santun dan keibuan.  Selain itu ia pun dikenal publik sebagai perempuan yang mandiri dan aktif berbuat untuk masyarakat.


Salah satu perhatiannya di masyarakat adalah pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah Kepulauan Riau (Kepri). Menurut Horjani, majunya suatu bangsa akan ditentukan pada kesiapan pembangunan dan kualitas masyarakatnya.


Horjani juga memberikan perhatian akan pentingnya peningkatan kualitas kesehatan di masyarakat. Yang tak kalah pentingnya adalah pendidikan di masyarakat. 


Ia prihatin melihat kondisi anak-anak Kepri yang di era revolusi industri 4.0 saat ini masih ada yang tidak dapat mengikuti sekolah lantaran kendala faktor ekonomi.


Perhatian Horjani bukan hanya pada pendidikkan anak. Ia juga fokus pada kesiapan guru dan ketersediaan guru yang andal dan tentunya kesejahteraan guru juga jadi perhatiannya.


“Untuk mewujudkan program ini memang memerlukan strategi yang tepat  dan program tepat guna. Ini memerlukan treatmen jangka panjang dan program yang tepat,” ucapnya.

Horjani merasa upaya pemerintah dalam mencapai Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas sudah mulai terlihat hasilnya. 


Akan tetapi, menurutnya, apabila ia diberi kesempatan dan kepercayaan menjadi wakil rakyat langkah-langkah tersebut akan semakin lengkap.


Termasuk di antaranya adalah memfasilitasi terciptanya Balai Latihan Kerja (BLK) yang setara dengan diploma dan S1 yang terakreditasi untuk meningkatkan keterampilan kerja bagi masyarakat terutama yang tidak sempat mengenyam pendidikan.


“Itu pun menjadi perhatian saya, tentu kita akan menggali skill mereka dan memberikan pelatihan-pelatihan sehingga mereka yang tidak pernah mengenyam pendidikan memiliki skill,” ungkapnya.

Horjani meyakini setiap manusia pasti dikarunia kelebihan dan kelebihan tersebut bergantung kepada orang itu sendiri apakah dia mau menggunakan talenta itu menjadi berlipat ganda atau tidak.


Semua cita-cita dan perjuangannya itu didasari Horjani atas sebuah ketulusan dan kerelaan. Menurutnya politik itu seni untuk memberi diri secara total bagi kepentingan masyarakat.


“Sehingga semua instrumen yang dimiliki terberdayakan, dan apabila ada yang menyebut politik itu abu-abu! Saya bukan bagian dari itu,” tegasnya.

Dia pun sangat optimistis dalam pertarungannya di pileg provinsi Kepri tahun depan untuk dapat meraih kursi di DPRD provinsi. 


Untuk memenangkan pertarungannya itu Horjani mengaku telah memiliki strategi jitu di antaranya dengan memperkuat tali silaturahmi dengan masyarakat.


“Saya akan lebih mendekatkan diri dengan seluruh lapisan masyarakat,   bahkan terus bersosialisasi,” pungkas caleg DPRD Provinsi Kepri Partai NasDem nomor urut 1 ini.(*)