Sosok Detail

Insan Kamil Lanjutkan Perjuangan Bersama NasDem

Insan Kamil Lanjutkan Perjuangan Bersama NasDem

  • 23 November 2018
  • 2210

BANYUWANGI (22 November): Insan Kamil dikenal sebagai aktivis Demokrasi dan HAM. Persinggungannya dengan isu-isu demokrasi, HAM dan kerakyatan sudah dijalaninya sejak 18 tahun lalu. Kini ia mantap untuk berjuang bersama Partai NasDem melalui jalur legislatif.

 

Pilihan terjun ke jagat politik Tanah Air diakui Insan tidaklah mudah. Pergulatan batin dan emosinya menyatakan ia harus terjun dan lanjutkan perjuangan melalui partai politik.


Aktivis yang sudah 18 tahun menggeluti dunia advokasi masyarakat di Banyuwangi, Jawa Timur ini dengan keyakinannya memilih Partai NasDem sebagai panji perjuangannya meski banyak partai politik lain yang mengajaknya bergabung.


“Politik adalah alat perjuangan untuk mencapai kebajikan publik,” tulis Insan di akun twitter pribadinya.

Terhitung sudah dua tahun lebih Insan memutuskan masuk ke dunia yang kerap dianggap negatif oleh kalangan muda itu. Saat ini caleg DPR RI Partai NasDem Dapil III Jawa Timur nomor urut 2 ini aktif menjadi pengajar, dan pelatih kader muda untuk menjadi kader politik yang handal dan berintegritas.


Hal pertama yang Insan lakukan adalah bersama-sama mengubah paradigma politik generasi muda menjadi paradigma yang positif dan jernih dalam melihat politik. Insan yakin bersama Partai NasDem yang modern dan segar akan gagasan anak-anak muda mampu melihat politik secara lebih terang.


“Setidaknya ada 600 anak muda yang saya latih untuk menggeser paradigmanya terhadap politik. Karena saat ini di benak banyak anak muda politik itu kotor," kata Insan, Rabu (21/11).

Insan mengungkapkan diperlukan adanya satu terobosan baru untuk mencapai mindset yang positif melihat politik. Insan bersama lembaganya pun meyakini bahwa partai politik merupakan institusi vital dalam berdemokrasi. Menurutnya partai politik adalah jantungnya demokrasi. 


"Itu baru politik, belum ke partai politiknya. Maka yang saya ajarkan adalah re-inventing atau menemukan kembali persepsi positif pada apa itu yang namanya politik," ucapnya.

Insan merasa beruntung dapat bergabung bersama Partai NasDem karena menurutnya secara gagasan dan ide-ide politik NasDem cocok dengan dia. Selain itu Menurutnya kandidasi dan rekrutmen sangat terbuka dan transparan.


"Rahasia politik itu dibuka oleh NasDem, tanpa mahar, tanpa syarat. Ini pandora," ucapnya.

Insan menjadi satu dari ribuan kader NasDem yang telah membuktikan bahwa politik tanpa mahar benar-benar berjalan.

 
“Dalam tataran empirik Partai NasDem punya terobosan politik tanpa mahar. Menurut saya ini perubahan politik yang harus dikembangkan. NasDem membuat saya tetap hidup. Lewat NasDem, saya tetap menjadi diri saya sebagaimana 18 tahun saya menjadi aktivis,” ungkapnya.

Insan pun mencoba membuka cakrawala berpikir caleg lain bahwa konstituen bukanlah suatu objek melainkan harus diperlakukan dan diposisikan sebagai subjek.


"Bejat politik kalau kita perlakukan konsituen adalah objek. Pendekatan saya ke masyarakat adalah memposisikan mereka adalah subjek,” katanya.

Darah aktivis seorang Insan Kamil begitu kental mengalir. Ia merasa perlu untuk melanjutkan langkah perjuangannya melalui parlemen. Ia pun bertekad terus berupaya menciptakan kebijakan yang pro rakyat melalui jalur politik.

 
“Saya bilang ke mereka, saya akan ambil langkah politik kalau langkah politik saya ini dianggap representatif mereka. Kalau hanya langkah individu saya tidak akan ambil," tandasnya.(*)